Mahasiswa harus Rakus

Mahasiswa adalah orang yang terdaftar di perguruan tinggi dan mengikuti semester yang berjalan, namu disisi biasa orang belim di anggap mahasiswa kalau belum sepenuhya mengikuti kegiatan yang ada di dalam kampus.

Menurut senior saya di TEKNIK ELEKTRONIKA, seseorang belum resmi dikatakan mahasiswa kalau belum RAKUS,

Apasih iu rakus?

RAKUS  adalah ciri-mahasiswa ideal singkatan dari RASIONAL, ANALISIS, KRITIS, UNIVERSAL, SISTEMATIS

Baiklah saya akan jelaskan satu persatu dari kepanjangan RAKUS
  1. RASIONAL, menurut pikiran dan pertimbangan yang logis dan masuk akal
  2. ANALISIS,analisa atau analisis adalah kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah bahasa guna meneliti struktur bahasa tersebut secara mendalam. Sedangkan pada kegiatan laboratorium, kata analisa atau analisis dapat juga berarti kegiatan yang dilakukan di laboratorium untuk memeriksa kandungan suatu zat dalam cuplikan. Namun, dalam perkembangannya, penggunaan kata analisa atau analisis mendapat sorotan dari kalangan akademisis, terutama kalangan ahli bahasa. Penggunaan yang seharusnya adalah kata analisis. hal ini dikarenakan kata analisis merupakan kata serapan dari bahasa asing (inggris) yaitu analisys. Dari akhiran -isys bila diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi -isis. Jadi sudah seharusnya bagi kita untuk meluruskan penggunaan setiap bahasa agar tercipta praktik kebahasaan yang baik dan benar demi tatanan bangsa Indoesia yang semakin baik.
  3. KRITIS, adalah sebuah aliran pemikiran yang menekankan penilaian reflektif dan kritik dari masyarakat dan budaya dengan menerapkan pengetahuan dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Sebagai istilah, teori kritis memiliki dua makna dengan asal-usul dan sejarah yang berbeda: pertama berasal dari sosiologi dan yang kedua berasal dari kritik sastra, dimana digunakan dan diterapkan sebagai istilah umum yang dapat menggambarkan teori yang didasarkan atas kritik; dengan demikian, teori Max Horkheimer menggambarkan teori kritis adalah, sejauh berusaha "untuk membebaskan manusia dari keadaan yang memperbudak mereka.
  4. UNIVERSAL, Universal artinya umum. Sebagai contoh, konsep kemanusiaan adalah konsep yang dipercaya berlaku universal, sebab konsep ini dipercaya dimiliki oleh setiap manusia tanpa membedakan apakah manusia tersebut berkulit hitam, berkulit putih, baragama Islam atau beragama Kristen, apakah ia orang Tionghoa atau orang Amerika. Lawan kata dari universal bisa khusus, bisa pula diskriminatif, dan sebagainya, tergantung pada konteks kalimat yang memuat kata universal.
  5.  SISTEMATIS,
    Sistematis adalah segala usaha untuk meguraikan dan merumuskan sesuatu dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu , mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut obyeknya [1]
    Pengetahuan yang tersusun secara sistematis dalam rangkaian sebab akibat merupakan syarat ilmu yang ketiga

    apabila anda ingin menjadi mahsiswa ideal maka anda harus RAKUShttps://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQlUqlUa3sElQvUixepbDi3MHC4Q6cnY0SOD-3LGqzfAnx_zZgX

    #terima kasih
    http://satu-9.blogspot.com/
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Mahasiswa harus Rakus"

 
Copyright © 2014 Satu9 - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia